3 Alasan Mengapa Website Itu Penting Bagi Bisnis Anda?

Menjalankan sebuah bisnis itu bukanlah hal yang mudah. List pekerjaan yang harus dilakukan seolah tidak ada habis-habisnya. Ada yang bilang bahwa sebaiknya Anda tidak menggunakan hal tersebut sebagai alasan untuk mengambil jalan pintas saat bicara tentang visibilitas didunia online. Memulai dengan sebuah website adalah sebuah langkah yang kuat dan profesional yang bisa memberikan klien/pelanggan keseriusan Anda dalam berbisnis serta motivasi untuk lebih terhubung dengan bisnis. Dengan hal tersebut, ada 3 alasan mengapa memiliki website itu sangat penting yang disampaikan oleh *Nicole Leinbach-Reyhle untuk majalah Forbes. 

Pengaruh impresi pertama

Mari kita hadapi kenyataannya, kita semua hidup di dunia dimana orang-orang menggunakan mesin pencari seperti Google sebelum mereka berbelanja, mengunjungi situs-situs review didunia maya sebelum mereka memutuskan untuk membeli serta “check-in” ke media sosial seperti Facebook dalam kesehariannya. Karena itu Anda perlu membuat impresi pertama Anda dengan sebaik mungkin. Dimulai dengan website, klien/pelanggan akan menilai dan memutuskan apakah mereka akan mengunjungi toko, restoran atau kantor Anda. Mereka juga akan melupakan Anda jika mereka berpendapat bahwa website Anda tidak merefleksikan bisnis yang Anda jalankan atau bagaimana selayaknya bisnis seperti yang Anda lakukan bisa tawarkan.

Windows Shopping tidak seperti dulu lagi

Menyusuri pertokoan di mal-mal besar ataupun jalan-jalan yang dipenuhi pertokoan/bisnis bukan lagi satu-satunya cara untuk mencari toko ataupun bisnis yang kita butuhkan saat ini. Dengan mengunjungi secara rutin situs-situs seperti Google, Bing, Yahoo! dan situs-situs lainnya, pelanggan secara konstan merencanakan tempat-tempat yang akan mereka pilih untuk aktivitas berbelanja mereka berikutnya. Pastikan bisnis Anda direpresentasikan dengan baik di situs-situs yang disebutkan di atas dengan sebuah website, dengan demikian maka bisnis Anda akan bisa jadi diperhitungkan oleh calon pelanggan. Selain memiliki alamat URL, juga pastikan alamat bisnis, nomer telpon dan alamat email juga mudah terlihat. Juga boleh dicantumkan tautan ke media sosial dengan catatan Anda aktif di media sosial tersebut.

Tidak punya website sama saja dengan kehilangan bisnis

Saat ini sangat jelas bahwa jika Anda tidak punya website maka Anda akan kehilangan kesempatan untuk dikenali oleh calon pelanggan yang berpotensi yang bisa mengenali siapa Anda dan kemungkinan untuk berbisnis dengan Anda. Dengan kata lain, jika Anda memiliki website yang jelek maka lebih baik tidak punya website sama sekali. Sementara jika tidak punya website sama saja dengan kehilangan kesempatan, maka memiliki website yang jelek bisa memperburuk kondisi karena akan membuat bisnis Anda terlihat buruk. Dengan banyaknya jasa pembuatan website yang ada maka sebenarnya tidak ada alasan bagi website Anda untuk terlihat jelek dan tidak profesional. Jika Anda tidak bisa tidak bisa secara bangga mempromosikan website Anda di dunia online, maka lebih baik Anda turunkan saja. Website yang jelek itu lebih buruk daripada tidak punya website sama sekali, namun ya keduanya bukan pilihan yang baik karena keduanya buruk bagi bisnis yang Anda jalankan.

If you don’t have a website, you’re chance of ending up in customer online searches is significantly reduced

Apakah Anda menjalankan bisnis sendirian atau mengelola lebih dari 100 karyawan, website Anda harus bisa muncul dengan memperlihatkan sebuah tim yang didedikasikan secara eksklusif untuk menjaga kehadiran bisnis Anda di dunia maya. Kata kuncinya adalah “hadir”. Bagaimanapun juga memiliki website yang terlihat profesional, bisa difungsikan dengan mudah dan memiliki navigasi yang mudah bagi pengunjung, foto-foto yang baik, konten berkuatlitas serta keseluruhan pengalaman yang baik bagi semua orang yang cukup membuat mereka mau berbisnis dengan Anda adalah kunci utama.

*Nicole Leinbach Reyhle adalah penulis buku Retail 101: The Guide to Managing and Marketing Your Retail Business, serta juga founder dari Retail Minded dan Independent Retailer Conference.

I started Bangwin Consulting to help solve a difficult problem: to adapt and evolve in the ongoing shift to digital with the right strategy, operations and training. I help transform traditional organization and support the development of startups. What can I do for you?

Questions or feedback? Want to sponsor this post?
Email me at bangwin@bangwinconsulting.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.