Permintaan Membangun Komunitas Online

Beberapa saat lalu kami mendapatkan permintaan untuk membangun sebuah komunitas online yang menggunakan platform jejaring sosial sendiri dengan kata lain tidak menggunakan jejaring sosial yang ada seperti Facebook. Waduh bakalan head-to-head dengan FB dong? Well, belum tentu, karena fokusnya adalah komunitas online bukan platformnya. Urusan platform ya tinggal cari platform media sosial yang dikhususkan untuk membangun komunitas online seperti misalnya Ning.com, Social.go ataupun Grou.ps, tantangan terberat justru mengembangkan keanggotaannya. 

Sejak 18 tahun yang lalu ketika founder Bangwin Consulting, Abang Edwin SA (Bangwin) terakhir mengelola komunitas online di Yahoo! dan banhkan pengalaman terakhir ia membangun dari nol sebuah komunitas online itu ada di tahun 2000 (17 tahun yang lalu). Dan kini kami kembali mendapatkan permintaan untuk membangun komunitas online dengan tentunya kondisi yang berbeda saat 17 tahun yang lalu.

Apa keuntungan sebuah brand atau perusahaan membangun, mengembangkan dan membina sebuah komunitas online? Banyak! Antara lain bagi brand dengan mengumpulkan dan memberi wadah untuk pengguna setia mereka maka akan lebih mudah pula untuk bisa mendapatkan masukkan. Selain itu komunitas online ini bisa disebut captive market jika dibina dengan baik. Tentunya urusan pembinaan ini juga tidak mudah karena dibutuhkan kemampuan mengelola komunitas yang unfortunately tidak terlalu banyak manpower yang tersedia.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti bagaimana kami membangun komunitas online dari awal, silahkan subscribe ke blog ini karena kami akan terus mengupdatenya di sini…:-)

I started Bangwin Consulting to help solve a difficult problem: to adapt and evolve in the ongoing shift to digital with the right strategy, operations and training. I help transform traditional organization and support the development of startups. What can I do for you?

Questions or feedback? Want to sponsor this post?
Email me at bangwin@bangwinconsulting.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.