Teknik Pengambilan Keputusan Yang Cepat Pada Proses Kreatif

Pengambilan keputusan bisa jadi salah satu bagian yang paling bermasalah dalam proses perencanaan/desain. Apakah saat diawal ketika sebuah status projek masih mencoba untuk mengenal permasalahan yang ada atau bahkan saat baru saja akan menjadikannya sebuah projek, kebutuhan untuk iterasi dan pengujian sangat penting. Jadi, mengapa kita memutuskan untuk mengambil keputusan? Bagaimana kita bisa benar-benar memahami kegagalan dengan cepat, tanpa alat yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang efektif dan tepat? 

Dengan mengeksplorasi berbagai metode pengambilan keputusan seperti yang diusulkan dalam Google’s Design Sprint dan metode yang disesuaikan lebih lanjut seperti contoh yang diberikan oleh AJ & Smart di atas, jelas bahwa ketika pengambilan keputusan disusun, peserta sesi memiliki kebebasan yang lebih kreatif. Namun, yang tidak jelas adalah titik di mana struktur ini harus diterapkan atau bahkan struktur apa yang terbaik untuk situasi yang berbeda.

Struktur dan Disiplin menciptakan Kebebasan yang dibutuhkan untuk menjadi kreatif

Proses Iteratif dan juga strategi pengambilan keputusan ini diusulkan untuk digunakan sebagai tahap ‘awal’ dalam sebuah pendekatan. Perlu diingat bahwa penting untuk tidak menjadi bingung saat Anda mengerjakan fitur produk lebih jauh lagi. Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua solusi karena setiap projek memerlukan pendekatan yang berbeda namun teknik pengambilan keputusan ini merupakan awal yang baik untuk memperbaiki solusi tim Anda sendiri.

 

Mari kita jaga agar seluruh proses ini bisa berlangsung dengan singkat dan asik. Saya tahu apa yang membunuh waktu berharga kita semua dan saya yakin Anda juga melakukannya yaitu……..Percakapan

Bunuh Percakapan, Tentukan Batas Waktu dan Iterasi

Membunuh percakapan dalam proses pencarian ide bisa menjadi penghemat waktu yang sangat penting dan sebenarnya bisa membantu proses kolaborasi menjadi lebih mudah. Melewati proses berbagi gagasan dengan hanya menggunakan deskripsi visual dan kata-kata akan memberikan penekanan pada kekuatan komunikasi non verbal dalam desain. Hal ini memungkinkan anggota kelompok untuk bertindak bebas berdasarkan pengalaman mereka sendiri untuk mempengaruhi arah setiap gagasan.

Batas waktu diusulkan sebagai kerangka kerja untuk mantra kreativitas yang pendek dan intens. Sebagai contoh yang sering digunakan di Bosch; mereka menetapkan batas waktu sepuluh menit dan mengusulkan agar kita mengerjakan setidaknya satu gagasan per menit. Tidak lebih dan tidak kurang. Pensil/pulpen Anda harus menyentuh kertas setiap saat. Ya, ini bisa menekan anggota ke dalam rancangan/desain yang tidak terpikirkan dan pemikiran konyol itu tapi siapa yang tahu … terkadang pikiran konyol yang tidak seharusnya berada di dalam ruangan adalah kunci pendekatan yang lebih inovatif.

Seharusnya tidak jadi kesulitan di sini, anggota tim desain di Bosch berasal dari bermacam-macam negara dan mereka selalu bisa saling menyampaikan gagasan satu sama lain secara visual.

Pengambilan keputusan juga harus dilakukan tanpa percakapan pada tahap awal iterasi. Bila metode seperti yang dipraktekkan di Bosch digunakan maka mengapa harus mendiskusikan lebih dari 50 gagasan secara terpisah saat kelompok dapat memilih secara diam-diam dan mengulangi latihan tersebut untuk mengulangi 10 terbaik secara lebih rinci?

Iterasi adalah kunci. Pengambilan keputusan yang efektif adalah kekuatan pendorong di balik tingkat iterasi yang tinggi dan sering antara desain, fitur dan prototipe. Saat keputusan dibuat dengan cepat dan sesi kreatif lancar, tidak ada batasan pada kemungkinan berinovasi.


Mungkin salah satu aspek terpenting yang dilewatkan sekarang adalah peran moderator. Selain sebagai komunikator yang efektif dan pemimpin yang kuat, tidak banyak yang memiliki pengalaman atau pengetahuan tentang peran ini. Ini adalah peran yang penting untuk di telusuri, dilatih dan dikenali lebih baik.

*disadur dari pengalaman Jack Strachan (yang saat tulisan ini dibuat sedang menjalani magang di bagian Industrial Design and User Experience di Bosch Power Tools)

2 thoughts on “Teknik Pengambilan Keputusan Yang Cepat Pada Proses Kreatif

  1. ZUHAIR AKBAR Reply

    Pengambilan keputusan bisa jadi salah satu bagian yang paling bermasalah dalam proses.
    kita harus tau dampak dari masing2 pilihan kita sebelum pengambilan keputusan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.